Sabtu, 09 Agustus 2014

Tumbal Cinta

Tempo hari, di penghujung sore yang disapa lembut oleh gerimis, saya kedatangan tamu, saudara jauh dari ibu. Sepasang suami istri beserta tiga orang puteranya. Silaturahmi biasa, mumpung masih suasana lebaran. Obrolan kami sangat renyah sore itu, serenyah sajian makanan kecil di meja, sisa lebaran dan hangat layaknya teh dalam cangkir yang saya sajikan. Hmm, ada yang beda dari sang istri tamu saya. Si mbak kok sekarang cablak, dominan dalam obrolan, sangat berbeda dengan si mbak yang saya kenal pada kunjungan tahun terdahulu ( dua tahun kemarin ga ketemu ). Dulu lebih pendiam, pemalu, bahkan untuk sedikit tersenyum saja pasti sambil menunduk dan menutup mulutnya dengan ujung kerudung. Pikir saya, mungkin karena pulang dari negeri seberang setelah masa kontraknya sebagai TKW, pergaulannya semakin luas, menjadikan dia lebih Pe De, supel, dll. Akh, itu tidak penting, malah saya asyik dengannya yang sekarang, ngobrol jadi makin seru walau kadang ada sedikit yang kurang nyambung. Wajar, suasana rumah gaduh, mungkin pendengaran kami jadi sedikit sukar merespon dan menyensor antara percakapan kami vs hiruk pikuknya suara anak-anak.

Malam tiba, ibu menghampiri saya, membuka obrolan seputar tamu saya sore ini. Terkejut, ibu menyampaikan bahwa si mbak tadi mengalami gangguan jiwa. Wadoooow, hahaha, jadi tadi bagaimana nasib obrolan saya ?? Bahkan saya merasa asyik, dan seru. Jangan-jangan saya.....................
Hahaha, jangan-jangan saya juga masuk kategori "rada terganggu" habis klop sih ngobrolnya. Haahh, daripada sibuk memikirkan hal tsb, saya lebih tertarik bertanya pada ibu, mengapa bisa terjadi demikian ?. Menurut ibu, si mbak memutuskan pergi mengadu nasib ke negeri jiran untuk menyelamatkan ekonomi keluarga yang porak-poranda diterjang badai perjudian suaminya. Dan...sekembalinya si mbak dari seberang dia mendapatkan kabar bahwa sang suami ber haha hehe dengan seorang wanita dari desa sebelah.

Nyesek...Cinta, lagi-lagi cinta, hal yang tak akan pernah habis untuk menjadi sebuah topik bahasan. Mencintai, barangkali adalah takdir Tuhan,sedang luka dan bahagia adalah dua anak yang di lahirkan. Hmm, ironi memang, ketika seseorang mendapatkan hati Anda, kemudian berjanji tuk merawatnya tapi mengembalikannya dalam keadaan terluka. Mestinya si mbak pantas mendapatkan sebuah cinta layaknya bayangan rumpun bambu yang jatuh di permukaan sungai, meneduhkan kawanan kijang setiapkali hendak menyeberang. Ya, cinta yang teduh dan menenteramkan.

Hal ini mengingatkan pada sebuah kisah percintaan yang ditulis oleh mbak Sri Sulandari. Seperti ini kisahnya.....


Matahari belum tampakkan wajah saat kuarahkan langkahku menuju kotamu. Sepenuh hasrat kukayuh sepedaku menyusuri setiap jalan yang pernah kita lewati. Kubungkus tubuh gontaiku dengan selendang pelangi, yang dengan setia menemani  hariku, melewatkan detik detik saat bersamamu. Segenggam melati dalam untaian indah terselip diantara urai rambutku.

Sesekali aku berhenti, mengamati jejak yang pernah kita tinggalkan, mengamati tanda yang masih tersisa. Sapuan gigil angin pagi menyapu wajah membuatku tergeragap dalam tegun, mengatasi resah yang tiba tiba melintas. Semoga saja masih sama, berkali kata ini mendesis dari bibirku yang terus saja menggeletar dalam cemas yang puncak. Segera kulaju sepedaku, aku tak ingin keduluan matahari, aku harus segera sampai ke kotamu. menjumpaimu.
Pada sebuah kelokan aku berhenti, melepas penat yang tiba tiba menguasai punggungku. Nafas begitu sengal, sesak, oleh segumpal angan yang sudah berhari ini tak juga menguap dari benakku, aku harus menjumpaimu.Kutaruh lunglai tubuhku pada selembar tikar, di sebuah warung yang masih sepi.
Segelas kopi tak begitu kental tak begitu pahit segera kuseruput sepenuh hikmat. “Aku tak suka kopi”, ujarmu kala itu.
Kembali ingatan dipenuhi oleh sosokmu.
Matahari sudah sepenggal saat aku sampai di kotamu, hangat sinarnya segera menyelinap memenuhi poriku. Kuarahkan sepedaku pada sebuah taman kecil di seberang jembatan kuning. Di taman itu pertama kali kami bertemu dan mengikat janji, menautkan hati dalam kasih. Di taman itu pula kami selalu bertemu melabuhkan rindu yang tak kunjung usai.
Pada sebuah bangku kayu. Dari jauh kulihat sosokmu, sosok yang begitu perkasa dan penuh kasih. Aroma tubuh yang begitu kukenal, desah nafas yang begitu hangat segera menyergap seluruh jiwaku. Segera kuhamburkan tubuh dan jiwaku menujumu, Ribuan kata terlontar tertumpah dari mulutku, gemanya segera memenuhi taman yang masih sunyi. Kurasakan tubuhku begitu hangat oleh kerinduan yang meletup letup. terasa ringan selaksa kupu kupu yang menari dengan gemulainya. Sepenuh hasrat kukepakkan sayapku, kupamerkan keindahan dan kemolekan tubuhku yang penuh harum melati.
“Duh Gusti, eman temen, bocah ayu ayu kok gemblung, kawit mau guneman dhewe” (Duh Gusti, sayang banget bocah ayu kok gila, dari tadi bicara sendiri) Sekelompok perempuan paruh baya melintas dalam gumam dan tatapan penuh heran kepadaku.
Lunglai kuambil sepedaku, rasa sesak yang perih segera memenuhi dadaku. Kuusap mata dan wajah yang sudah dipenuhi panas yang membanjir. Gontai ayun langkah, kukayuh sepeda kembali ke kotaku.

Kubiarkan angan mengembara dalam kekosongan yang begitu menyembilu. Bibir terus bersenandung dalam kidung rindu yang terlantun sepanjang kayuhan.”Yen ing tawang ana lintang, cah ayu…aku ngenteni tekamu..” Senandung itu terus saja membahana di jiwaku. Ya, akan senantiasa kutunggu lintang itu, sebagai tanda kau pun merinduku, menungguku. Aku dengan selendang pelangi dan wangi melati akan kembali menuju taman itu, Di sudut kotamu.

*** Doa saya, semoga yang kau rasa sakit bukanlah luka, melainkan pelajaran untuk menghadapi masa depan yang lebih baik. Aamiin..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar